Review Hyundai Grand i10

Jika dilihat sekilas Hyundai Grand i10 ini terlihat mirip dengan versi sebelumnya yang belum mendapatkan facelift. Namun sebenarnya banyak perbedaan di antara ke dua versi tersebut. Hyundai Grand i10 sekarang memiliki kap yang lebih panjang yang lebih terkesan seperti hatchback daripada city car seperti pendahulunya.

Pada bagian depan mobil ini, kita akan menemukan varian LED mirip DRL (Daytime Running Light) dari Hyundai Tucson Facelift. Hyundai Grand i10 memiliki velg 14 inci dengan baut 8 model yang desainnya cukup menarik.  Lampu belakang dibuat sangat berbeda dari model sebelumnya yang cenderung tegak dan datar. Detailingnya juga cukup menarik dengan garis krom.

Mesin yang digunakan oleh Hyundai i10 Grand masih sama dengan pendahulunya yaitu mesin Kappa yang menggunakan DOHC 1.200 4 silinder. Ini adalah mesin yang juga digunakan di KIA Picanto facelift. Kekuatannya 87 ps dengan torsi 12,2 Kg.m. Meski serupa, Hyundai Grand i10 memiliki kelebihan dengan penggunaan transmisi Shiftronic.

Masuk ke interior Hyundai Grand i10, kita akan menemukan interior baru yang lebih modern daripada model sebelumnya. Paduan warna two tone antara hitam dan krem ​​terasa sangat pas. Pada bagian kemudi terdapat dua tombol MID (Multi Information Display) pada speedometer untuk mengatur meter perjalanan dan mereset MID. Setirnya juga dilengkapi dengan Tilt Steering dibalut dengan material yang cukup nyaman.

Speedometer Grand Hyundai i10 cukup lengkap, ukurannya sedikit lebih besar dengan kombinasi warna yang terasa pas membuatnya mudah dibaca, MID di speedometer-nya bisa menunjukkan konsumsi bahan bakar, kecepatan rata-rata dan jarak tempuh, serta sisa bahan bakar yang tersedia di tangki bensin.

Kunci Hyundai Grand i10 memiliki model kunci lipat lipat, sehingga ketika dimasukkan ke dalam saku tidak akan mengganggu karena tidak ada bagian kunci yang tertusuk. Dari remote yang ada di tombol ini kita juga bisa membuka bagasi mobil dengan menekan bagian bawah dan menahan sebentar selama beberapa detik.

Hyundai Indonesia sengaja memberikan head unit baru untuk menyediakan fitur-fitur canggih seperti navigasi GPS dan konektivitas internet. Selain itu, head unit juga memiliki koneksi Bluetooth, USB, Aux-in, iPod, pemutar DVD ke TV analog.

Hanya transmisi otomatis Shiftronic yang dimiliki oleh kelas city car Hyundai Grand i10. Meski hanya dilengkapi dengan 4 kecepatan, transmisi shiftronic-nya tetap mampu memberikan sensasi berkendara seperti mobil manual, tidak seperti para pesaingnya yang umumnya menggunakan transmisi 4-speed standar atau otomatis CVT.

Posisi pengemudi mobil cukup pas dan nyaman. Trim pintu mobil ini menggunakan bahan plastik penuh, terdapat tombol untuk melipat kaca spion secara otomatis (dapat ditarik).

Masuk ke kursi belakang Hyundai Grand i10, kita akan mendapatkan ruang kaki dan ruang kepala sangat lega untuk ukuran city car. Headroom mobil juga sangat nyaman dan posisi sandaran jok belakang terasa pas. Ini adalah bagian terbaik dari Hyundai Grand i1o.

Leave a Comment