Hyundai H-1 2.5 CRDi XG

Pada tahun 2010 lalu Hyundai mengeluarkan sebuah mobil van besar hasil karya pabrik mobil Korea tersebut. Pada awalnya mobil ini digunakan dalam berbagai kebutuhan mulai dari kendaraan travel, traksi bahkan kendaraan ambulan. Akhirnya ia dikeluarkan untuk versi keluarganya, terutama di wilayah Indonesia, di Februari 2010. Mobil jumbo ini sangat cocok bagi anda yang memiliki keluarga besar dan membutuhkan mobil berkapasitas besar.

Secara tampilan, Hyundai H-1 memberikan pencerahan pada desain mobil-mobil setipenya. Pahatan dan lekukan oleh para desainer memberikan bentuk atraktif dan kesan dinamis. Hal tersebut dapat anda perhatikan pada garis melengkung yang terletak diatas fender depan serta belakang. Garis bodi juga tampak di sisi bodi dari pintu depan hingga ke lampu utamanya. Grill lebar serta lampu depan yang besar menjadi ciri khas mobil ini.

Memasuki bagian dalam Hyundai H-1 tampak susunan bangku yang muat untuk 6 – 9 penumpang. Jika anda mengaturnya untuk 6 penumpang maka tiap baris terdapat meja yang memiliki sepasang cup holder. Jok-jok ini bisa digeser sesuai selera. Ruang kaki dan kepala cukup luas. Sementara ruang bagasi di baris 3 cukup besar. Untuk dari segi keselamatan, H-1 telah dilengkapi rem ABS dikeempat rodanya dan juga Electronic Stability Program. Pada varian H-1 XG terdapat fitur GPS, wood grain panel, dan rooftop LCD. Sementara head unitnya dipercayakan pada Kenwood Double Din yang akan memanjakan anda dan penumpang dengan alunan musik premium. Selain itu ada fitur CCTV belakang yang memudahkan anda dalam memarkir mobil ini.

Tarikan mesin 2.5L, 4 silinder, 16 katup, DOHC serta VGT mampu menghasilakn torsi layaknya mesin v6 hingga 392 Nm di putara 2.000 – 2.500 rpm dengan dongkrakan tenaga hingga 168 HP. Akselerasinya dibilang cukup bagus. Menempuh 0 – 100 km/jam  hanya membutuhkan waktu 14,5 detik saja dengan kecepatan maksimumnya mencapai 180 km/jam. Efisiensi bahan bakarnya berada di angka 8,5 liter/100km. Meski berbobot dan berbodi besar, tak ada kesulitan berarti dalam menguasai mobil bongsor ini. Tarikan cukup ringan serta pengereman cukup lembut. Namun cukup disayangkana adalah sisi sunspensi belakang. Jika melibas jalanan berlubang maka akan mengorbankan kenyamanan para penumpangnya. Untuk bisa merasakan servis dari mobil Korea Hyundai H-1 ini anda harus menyiapkan dana sekitar Rp. 350 – 400 jutaan. Carilah yang bekas tapi masih bagus, dijamin jauh lebih murah namun tenaga masih mantap.

Leave a Comment